PERENCANAAN PELAYANAN KESEHATAN DI MASYARAKAT
Contoh kasus :
Anda sebagai kepala Puskesmas baru akan melaksanakan pelayanan luar gedung khusus untuk kegiatan : Pembentukan 12 Posyandu baru, 8 Pos obat Desa, 4 Poskesdes di 4 desa baru hasil pemekaran yang belum memiliki fasilitas tersebut.
Puskesmas yang anda pimpin membawahi 4 Pustu, dengan wilayah kerja 15 Desa dan memiliki tenaga sebagai berikut :
1. Dokter umum 2 orang
2. Dokter gigi 2 orang
3. Bidan 9 orang (termasuk Bidan desa)
4. Perawat 7 orang
5. Gizi 1 orang
6. Asisten analis 1 orang
7. Sanitarian 1 orang
8. Administrasi 8 orang
9. Kebersihan 3 orang
Melihat kondisi tersebut diatas, anda perlu merencanakan dengan cermat, termasuk kemungkinan menata ulang staf anda untuk memberikan pelayanan maksimal kepada masyarakat.
TUGAS ANDA :
1. Buatlah perencanaan tahapan kegiatan untuk Pembentukan 12 Posyandu baru, 8
Pos obat Desa, 4 Poskesdes di 4 desa baru tersebut yang harus tuntas dalam
waktu 2 tahun.
2. Susunlah personil anda agar bisa melaksanakan kegiatan tersebut.
3. Tentukan Indikator (target pencapaian) untuk kurun waktu 5 tahun.
Sebagai bahan pustaka anda bisa download Manajemen Pelayanan Kesehatan Masyarakat di www.achmadfarich.com
PENYELESAIAN NOMOR 1.
PERENCANAAN KEGIATAN LUAR GEDUNG PUSKESMAS.
1. PERSIAPAN TINGKAT PUSKESMAS
Dibentuk Tim inti yang beranggotakan 4-5 orang yang menguasai tentang program tersebut, dan diberikan pemahaman yang sama tentang meksud dan tujuan kegiatan.
2. PERTEMUAN TINGKAT KECAMATAN.
Kegiatan pelayanan luar gedung puskesmas pada prinsipnya adalah kegiatan kerjasama lintas program dan lintas sektoral (Kemitraan), maka Pihak lintas sektoral terkait perlu diberikan pemahaman yang sama tentang meksud dan tujuan kegiatan, dan dibentuk tim terpadu kecamatan.
3. PERTEMUAN TINGKAT DESA.
Disini acara utama adalah memberikan informasi tentang masalah yang harus dikaji di Desa dan rencana pembentukan Posyandu, POD dan Poskesdes.
4. SURVEY MAWAS DIRI.
Diharapkan dengan mengajak masyarakat untuk melihat kebelakang (feedback) tentang apa yang terjadi dan menjadi masalah kesehatan di Desa selama ini, diharapkan masyarakat mengetahui masalah kesehatan dan pemecahan masalahnya, terutama tentang rencana 3 kegiatan diatas.
5. MUSYAWARAH MASYARAKAT DESA.
Masyarakat kita ajak untuk menyusun rencana kegiatan ketiga hal tersebut, mulai dari menyiapkan personil (kader), pelatihan kader sampai kepada pelaksanaan pelayanan dan pengelolaan keuangan.
6. PELATIHAN KADER
7. EVALUASI
Setiap bulan harus kita evaluasi tentang pelaksanaan kegiatan Posyandu, POD dan Poskesdes bersama-sama dengan pamong desa dan tim lintas sektoral.
PENYELESAIAN NOMOR 2.
Kita memiliki 33 orang tenaga puskesmas, dimana 23 orang diantaranya sebagai tenaga tehnis pelayanan kesehatan yang bisa dimanfaatkan untuk melaksanakan pelayanan luar gedung puskesmas.
Pada hari H pelayanan, tenaga yang mutlak dibutuhkan adalah sebagai berikut :
1. Pelayanan dalam gedung puskesmas minimal 5 orang tenaga tehnis, 3 orang administrasi
2. Pelayanan dalam gedung 4 pustu minimal 4 orang tenaga tehnis, 4 orang administrasi
3. Pelayanan posyandu 12 unit, dan Poskesdes 4 unit, butuh 16 orang tenaga tehnis
Total kebutuhan tenaga Pada hari H tersebut adalah :
25 orang tenaga tehnis, 7 orang tenaga administrasi.
Kalau pelayanan dilaksanakan serentak satu hari, maka akan terjadi kekurangan 2 orang tenaga tehnis, sedangkan target waktu yang ada hanya 2 tahun, kalau menunggu tambahan tenaga dari Dinas Kesehatan akan membutuhkan waktu lama.
Untuk memudahkan pelaksanaan kegiatan, maka hari pelayanan luargedung bisa dipecah menjadi 2 - 3 hari yang berbeda, sehingga masalah ketenagaan bisa dipecahkan dengan mudah.
PENYELESAIAN NOMOR 3.
INDIKATOR KEBERHASILAN 5 TAHUN
Posyandu dan Pos Obat Desa kita mengharapkan dal am 5 tahun kedepan sudah mampu menjadi strata Madya, Indikator keberhasilannya adalah Posyandu Madya.
Poskesdes, sebagai indikator keberhasilannya adalah :
1. Berjalannya pelayanan bagi masyarakat minimal 3 kali seminggu.
2. Tersedianya bangunan permanen yang khusus diperuntukan bagi poskesdes.
3. Adanya tenaga tetap, unsur masyarakat dan dilengkapi dengan Aturan / SK yang.
4. Adanya Dana Sehat yang melayani >50 % penduduk
Seja o primeiro a comentar
Posting Komentar