Selasa, 10 Januari 2012

ANALISA MASALAH

Untuk menentukan PRIORITAS KEBIJAKAN maka pertama kita lakukan AGENDA SETTING yaitu menentukan persoalan / masalah tersebut dimasukkan ke Private problem. Misal : masalah sampah yang bertumpuk dijalan maka : Private Problem nya adalah SAMPAH TERBUKA MENGGANGGU PARA PENGGUNA JALAN, gangguan bisa berupa bau busuk, kotor dan lainnya sehingga menggangu orang yang terdekat. Public problemnya adalah mulai mengganggu penduduk sekitarnya. Disini masalah kebijakannya atau Policy Issues adalah : SAMPAH PERLU DITERTIBKAN. PEMBATASAN SAMPAH. PERLU PEMBINAAN PEMBUANG SAMPAH Selanjutnya dari Policy Issues kita menentukan Agenda Systemic untuk dibahas dengan berbagai pihak terkait. Agenda Systemic adalah : PERILAKU MASYARAKAT. PENATAAN TPS & TPA. Terakhir kita fokus pada kebijakan yaitu menentuka Institutional agenda untuk merumuskan kebijakan tentang Perilaku Masyarakat, misal dengan mencantumkan aturan membuang sampah, sanksi, sosialisasi dan advokasi serta rencana evaluasinya.
Selanjutnya silahkan buat Agenda Setting untuk kasus TB Paru seperti dalam gambar 2 tersebut dan berilah penjelasannya.
Selamat Mencoba

1 Comentário:

Iwan Doankz mengatakan...

 Private Problem nya adalah TB Paru Mengganggu orang di dekatnya gangguan bisa berupa bising karena suara batuk, meludah atau membuang dahak sembarangan dan lainnya sehingga menggangu orang di dekatnya.
 Public problemnya adalah Masyarakat takut dengan penularan TB Paru.
 Disini masalah kebijakannya atau Policy Issues adalah :
- Penderita Perlu di asingkan
- Imunisasi terhadap Bayi
- Pengobatan Gratis
 Selanjutnya dari Policy Issues kita menentukan Agenda Systemic untuk dibahas dengan berbagai pihak terkait.
 Agenda Systemic adalah : Pengobatan Gratis dan Pemberian Imunisasi
 Terakhir kita fokus pada kebijakan yaitu menentukan Institutional agenda untuk merumuskan kebijakan tentang Pengobatan Gratis dan Pemberian Imunisasi, misalnya dengan menentukan pelaksanaan Pengobatan gratis, dan mengharuskan pemberian Imunisasi BCG pada bayi baru lahir, sosialisasi dan advokasi serta rencana evaluasinya.

Posting Komentar

Kesehatan Masyarakat ©Template Blogger Green by Dicas Blogger.

TOPO